Cara membuat relationship antar tabel dengan phpMyAdmin


           Cara Membuat Entity Relationship Diagram 

    ERD (Entity Relationship Diagram) atau diagram hubungan entitas adalah diagram yang digunakan untuk perancangan suatu database dan menunjukan relasi antar objek atau entitas beserta atribut-atributnya secara detail. Nah, pada kesempatan kali ini kami ingin memberitahu kamu cara membuat ERD dan memberikan sebuah contoh agar kamu lebih paham mengenai ERD ini.


1. Aktifkan Aplikasi Web Server
    Langkah pertama ialah mengaktifkan aplikasi web server lokal seperti Xampp & Laragon. Aplikasi web server yang saya gunakan disini adalah Xampp.


2. Lalu Buka PhpMyAdmin
    Jika anda sudah mengaktifkan aplikasi web server, langkah selanjutnya adalah membuka PhpMyAdmin. Jika anda sudah membuka web browser favorit anda, langkah selanjutnya adalah memasukkan link berikut "http://localhost/phpmyadmin/". Lalu tekan tombol enter dan anda akan menemukan halaman web seperti ini.

 
    

Jika sudah keluar seperti ini, berarti anda sudah berhasil masuk ke dalam PhpMyAdmin.


3. Buat Databasenya Terlebih Dahulu
    Disini saya telah membuat sebuah database yang bernama "mahasiswa". Database tersebut berisi 3 ta8bel, tabel tersebut terdiri dari :
1. anggota_perpustakaan
2. buku
3. meminjam


         

Pada masing- masing isi kolom di beri yang namanya Primary Key, Primary key tersebut ada pada : 
1. nomor_anggota pada kolom [anggota_perpustakaan]
2. nomor_buku pada kolom [buku]
3. nomor_anggota pada kolom [meminjam]

dan sebuah bentuk kunci dengan warna yang berbeda, pada baris kolom kedua yaitu nomor_buku pada tabel meminjam, kunci tersebut berwarna putih yang artinya diberi index.

Cara memberi index ada bagian Action. Setelah itu tekan bagian More, lalu akan muncul tampilan seperti dibawah.


4. Selanjutnya Cara Menyambungkan Relationship Pada Tabel
    Kemudian kita klik pada database mahasiswa kembali, maka akan muncul daftar tabelnya. Setelah itu tekan More pada pojok kanan ataslalu pilih Desainer.


       



Selanjutnya akan muncul tampilan ketiga desain tabelnya, kalo dilihat belum ada relasi yang dibuat antara ketiga tabel tersebut.


           


5. Tampilan Menggunakan Diagram
    Setelah itu saya akan merubah tampilannya menggunakan diagram, saya membuatnya di website https://erdplus.com/. Dan tampilanya menjadi seperti ini

     

Sudah selesai






Tidak ada komentar:

Posting Komentar